wELcomE tO mY bLOg

TERIMAKASIH YESUS KRISTUS ATAS ANUGERAHMU SENANTIASA

Minggu, Maret 16, 2008

Tip -Tip Membeli Obat Bebas


Pernahkah saat anda membeli obat di apotek, anda memperhatikan logo bulat yang ada pada kemasan obat tersebut.Obat-obat itu mungkin termasuk jenis obat yang bebas dijual di pasaran. Mungkin karena dijual bebas maka obat tersebut disebut obat bebas.Obat bebas di pasaran ada 2 jenis seperti yang saya kutip dari situs phapros sebagai berikut :

  1. Obat bebas yang ditandai dengan lingkaran hitam dengan warna hijau didalamnya. Contoh obat ini seperti vitamin atau multivitamin( BcomPlex, Livron, dsb ). Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati gejala penyakit yang ringan. Disebut obat bebas karena bisa dibeli bebas di apotek , di warung, tanpa ada resep dokter.
  2. Obat bebas terbatas (dulu disebut daftar W). yakni obat-obatan yang dalam jumlah tertentu masih bisa dibeli di apotek, tanpa resep dokter, memakai tanda lingkaran biru bergaris tepi hitam. Contohnya, obat anti mabuk (Antimo), anti flu (Noza). Pada kemasan obat seperti ini biasanya tertera peringatan yang bertanda kotak kecil berdasar warna gelap atau kotak putih bergaris tepi hitam, dengan tulisan sebagai berikut :
P.No. 1: Awas! Obat keras. Bacalah aturan pemakaiannya.
P.No. 2: Awas! Obat keras. Hanya untuk bagian luar dari badan.
P.No. 3: Awas! Obat keras. Tidak boleh ditelan.
P.No. 4: Awas! Obat keras. Hanya untuk dibakar.
P.No. 5: Awas! Obat keras. Obat wasir, jangan ditelan
Beberapa hal yang diperhatikan dalam menggunakan obat bebas maupun obat bebas terbatas sebagai berikut :
1. Kondisi obat apakah masih baik atau sudah rusak. perhatikan tanggal kadaluarsa ( masa berlaku ) obat.
2. Membaca
dan mengikuti keterangan atau informasi yang tercantum pada kemasan obat atau pada brosur / selebaran yang menyertai obat yang berisi tentang Indikasi (merupakan petunjuk kegunaan obat dalam pengobatan),
kontra-indikasi (yaitu petunjuk penggunaan obat yang tidak diperbolehkan), efek samping (yaitu efek yang timbul, yang bukan efek yang diinginkan), dosis obat (takaran pemakaian obat), cara penyimpanan obat, dan informasi tentang interaksi obat dengan obat lain yang digunakan dan dengan makanan yang dimakan.


Untuk tambahan informasi, anda juga dapat membaca artikel di SINI.
Tuhan memberkati!!!!

Tidak ada komentar: