wELcomE tO mY bLOg

TERIMAKASIH YESUS KRISTUS ATAS ANUGERAHMU SENANTIASA

Jumat, Maret 14, 2008

Tarif Seluler Murah.... ????????????

Pasti anda sering melihat iklan seperti gambar di sebelah ini, ya ini adlah iklan yang dipasang oleh salah satu operator seluler yang berlomba-lomba menurunkan tarif selulernya. Iklan dibuat sangat mencolok dengan tulisan ( angka2 ) yang besar-besar supaya dapat dilihat dan membuat masyarakat terjebak dengan janji yang ada dalam iklan tersebut. Tapi syarat dan ketentuan berlakunya ditulis dengan huruf yang kecil-kecil sehingga tidak dapat dilihat secara jelas. Para operator seluler tampaknya berusaha mempermainkan karakteristik masyarakat yang tidak teliti dan mudah tergiur dengan hal-hal yang menggoda tersebut.
Berikut ini tulisan yang mencoba memaparkan apa benar tarif seluler tersebut benar2 murah!!!!!Tulisan ini dikutip detikinet 14 maret 2008 yang ada rss email saya.

Seperti apa penafsiran Anda membaca iklan tarif 0,00000000001/detik ke operator lain? Lalu seperti apa juga interpretasi Anda membaca tulisan iklan "Tarif Termurah (dijamin) ke semua operator", dan kalimat "Rp. 600 sampe puaasssss". Bisa jadi, anggapan yang muncul di benak konsumen dari iklan tersebut adalah bahwa tarif termurah menelepon ke semua operator adalah Rp. 600, sepuasnya. Pertanyaan yang muncul, apakah memang murah?

Bersaing boleh-boleh saja, namun sudah sejatinya para operator seluler membuat iklan tarif seluler yang informatif dan lengkap yang tidak membuat konsumen terjebak informasi palsu.

Salah seorang blogger, Khalid Mustafa, mencoba membuat perbandingan hitung-hitungan tarif seluler XL dan IM3. Dikutip detikINET dari blognya, Kamis (13/3/2008), Khalid membandingkan tarif XL 0,1/detik dan tarif IM3 0,01/detik. Hasilnya, perbedaan tarif yang digembar-gemborkan antara 0,1 dan 0,01 ternyata tidak terlalu signifikan dalam menekan biaya percakapan.

Khalid juga membandingkan tarif IM3 0,01/detik dengan tarif IM3 0,00000000001/detik. Kesimpulannya ternyata sama saja dengan program tarif 0,01/detik. Lalu, ia juga membandingkan tarif IM3 0,00000000001/detik dengan tarif XL 0,00000…1/detik. Hasilnya, XL cukup "telak" mengungguli IM3 dalam panggilan biaya ke lain operator khususnya untuk panggilan yang dilakukan di atas 4 menit. Namun, dibawah durasi tersebut, IM3 masih unggul.

Bagaimana??? anda masih percaya dengan iklan-iklan tersebut?????kIta sebagai konsumen perlu teliti membaca iklan sebuah produk seluler sebelum memutuskan membelinya. Jangan2 bukan untung yang didapat tapi sebaliknya rugi berlipat-lipat hehe....

Tidak ada komentar: